Minggu, 08 Juli 2012

Semangat Dalam Berkarya


Perancangan arsitektur, itulah sebuah mata kuliah dimana saya dituntut harus merancang sebuah bangunan yang dimana pada semester 2 ini adalah merancang sebuah Counter Handphone. Studio Perancangan Arsitektur 1, itulah nama lengkap dari mata kuliah ini. Meskipun dalam mengerjakan tugas perancangan ini saya banyak mengalami kesulitan, namun saya tidak menyerah dan tetap bersemangat dalam mengerjakannya.

Pada semester 2 ini saya mendapat tugas untuk merancang sebuah Counter Handphone dengan luas tanah 60 m2
Site Plan
Bangunan Counter Handphone ini terletak pada sudut jalan pertigaan. Bagian depan bangunan menghadap ke arah selatan.


Lay Out Plan
Dengan luas tanah 60 m2, maka agar terjadi keseimbangan dengan halaman, bangunan di buat dengan luas 30 m2. Sehingga terdapat lahan kosong yang tersisa untuk dapat digunakan sebagai tempat parkir.


KONSEP COUNTER


Denah
Dalam mendesign konter ini, saya mengutamakan kenyamanan pelanggan dalam melakukan transaksi di dalam konter. Yang dimana ruang bebas untuk pelanggan saya buat cukup luas sehingga udara didalam konter tidak terasa sumpek atau panas ketika ada banyak pelanggan yang datang. Didalam konter juga terdapat toilet yang memudahkan pelanggan jika suatu saat memerlukan toilet. Area parkir yang cukup luas juga memudahkan pelanggan dalam memarkir kendaraannya. Pada konter juga saya buat 2 akses pintu masuk dan keluar, sehingga ada perbedaan jalur pelanggan yang masuk dengan pelanggan yang keluar.

Tampak Depan
Tampak Samping

Konter HP ini saya design konsep minimalis. Dengan dinding yang berwarna biru dan pada bagian atas plat atap saya berikan sentuhan warna pelangi untuk menarik pelanggan.

Potongan A-A
Potongan B-B
Dengan menggambar potongan, kita bisa menjelaskan bagaimana keadaan didalam bangunan yang kita rancang. Seperti pada potongan yang telah saya buat. Pada potongan tersebut saya perlihatkan bagaimana keadaan didalam konter dan apa saja yang ada di dalam konter yang saya design tersebut.

Interior Konter
Detail Interior
Selain menggunakan potongan dalam menjelaskan bagian dalam bangunan, saya juga menambahkan perspektif interior yang dimana pada perspektif ini juga menjelaskan bagaimana keadaan di dalam konter. Dilengkapi juga dengan gambar detail interior yang dimana pada detail tersebut menjelaskan bagian - bagian dari interior yang menarik untuk dilihat.

Perspektif Mata Burung
Perspektif Mata Normal

Naahh, gambar diatas merupakan perspektif eksterior dari bangunan konter HP yang saya design. Perspektif saya buat dua yaitu perspektif mata burung dan perspektif mata normal. Mata burung itu maksudnya bagaimana jika bangunan itu dilihat dari atas, sedangkan mata normal itu maksudnya bagaimana orang - orang sekitar melihat bangunan tersebut sesuai mata manusia normal. Pada bagian luar konter ini saya juga menambahkan aksen batu alam pada dinding bagian depan.

Itulah design Konter Handphone yang telah saya buat, meskipun mungkin belum bisa dikatakan sempurna, namun saya bangga bisa belajar merancang sebuah bangunan dengan ide sendiri dan ini akan saya gunakan sebagai motivasi saya di dalam berkarya atau merancang bangunan - bangunan lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar