Sabtu, 30 Juni 2012

Keunikan Rumah Adat Bali






Perjalanan saya kali ini , saya menjumpai beberapa bangunan yang ada di tanah kelahiran saya yaitu Bali. Bangunan bali identik dengan ukiran - ukiran yang menempel di setiap dinding maupun kolom - kolom yang menyangga bangunan tersebut. Ukiran - ukiran tersebut saya temukan pada rumah - rumah adat bali seperti pada foto di bawah ini.
 Keunikan dari rumah adat Bali ini bali ini cukup dikenal sampai ke manca negara, karena ketika saya perhatikan letak bangunan tersebut terpisah - pisah. Jadi tidak hanya satu bangunan saja. Pada rumah yang saya lihat di dekat rumah saya, pada satu tanah tersebut tidah hanya terdapat satu bangunan saja. Jadi dalam satu tanah itu bisa sampai Tujuh bangunan. Dari ketujuh bangunan tersebut, setiap bangunan memiliki ukiran yang berbeda maknanya. Ada yang melukiskan tokoh pewayangan, adapun yang melukiskan pepohonan. Bahkan adapula yang menyerupai Batik. Unik bukan ?

Saya pun kagum akan keunikan ukiran tanah kelahiran saya ini. Selain rumah saya, di daerah yang pernah saya kunjungi seperti Gianyar  juga sebagian besar rumah penduduk dindingnya dilapisi ukiran yang unik ini.

Ketika saya melakukan perjalanan sambil melihat - lihat bangunan sekitar, di dalam hati saya berkata ingin rasanya mempelajari ukiran - ukiran tersebut. Namun ternyata tidak segampang yang saya pikirkan. Ukiran Bali tersebut memang unik tapi susah juga untuk di pelajari, karena tidak sembarangan dalam membuat ukiran tersebut. Sayapun mulai bertanya - tanya kepada orang yang saya lihat mampu untuk membuat ukiran tersebut, bagaimana sebenarnya teknik dalam mengukir itu ?. Saya jadi malu, karena tidak bisa membuat ukiran yang merupakan warisan tanah kelahiran saya itu. Ternyata Arsitektur bali itu tidah mudah.


Keunikan dari bangunan tersebut membuat saya semakin penasaran. Ingin rasanya membuat ukiran tersebut dengan tangan saya sendiri. Sampai sekarang saya belum mengetahui siapa arsitektur bali yang pertama kali menciptakan ukiran pada bangunan - bangunan adat bali yang telah saya jumpai itu. Rasa penasaran yang begitu tinggi itulah mendorong saya ingin mengelilingi Bali untuk melihat bagaimana Arsitektur Bali yang sebenarnya dengan melihat bangunan - bangunan adat bali, bagaimana keunikan arsitektur bali, dan apa yang membuatnya unik.

Menurut saya, tidak hanya ukiran yang membuatnya unik. Namun dari bentuk atap yang melengkung juga mempengaruhi keunikan Arsitektur Bali. Tapi itu pendapat saya, belum tahu juga bagaimana pendapat orang lain mengenai keunikan Arsitektur Bali ini.

Naahh, itulah pengalaman saya yang begitu mengesankan bagi saya, bisa menemukan bangunan - bangunan Bali yang memiliki keunikan tersendiri. Meskipun masih penasaran sampai sekarang, namun saya sudah bangga akan karya Arsitektur di Bali yang telah dituangkan pada bangunan adat Bali tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar